Abstract:
ARIFA WAHIDASAFRI, NIM : 1930105005, Judul Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Knisley untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMPN 3 Pariangan”. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dilihat dari nilai PH matematika siswa. Siswa kurang mampu memahami dan memanfaatkan dasar matematika dalam pemecahanmasalah matematis di kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan oleh penerapan pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Knisley lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Pariangan tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Sehingga diperoleh kelas VIII.1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan pemberian tes pada materi pola bilangan. N-gain digunakan untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Teknik analisis datanya adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan model pembelajaran Knisley lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional di SMPN 3 Pariangan dengan atau .