Abstract:
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BULETIN FISIKA BERBASIS INQUIRY PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SMPN 1 RAMBATAN
Masalah yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah media yang
kurang bervariasi dan menarik serta kurang sesuai dengan perkembangan
kurikulum yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar di SMPN 1
Rambatan yaitu kurikulum 2013, sehingga berujung kepada rendahnya minat dan
motivasi siswa dalam belajar fisika. Maka peneliti memberikan solusi terhadap
permasalahan yang ditemukan dengan mengembangkan media buletin fisika
berbasis inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media buletin fisika
pada materi Cahaya dan Alat Optik berbasis inquiry yang valid dan praktis untuk
siswa kelas VIII semester 2 di SMPN 1 Rambatan.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and
development). Penelitian pengembangan terdiri dari 4 tahap yang disebut
4-D yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop),
dan penyebaran (dessemminate). Karena pada tahap penyebaran (desseminate)
membutuhkan waktu yang lama, maka penelitian hanya sampai tahap
pengembangan (develop). Uji kelayakan buletin dilakukan melalui tahap validasi
dan praktikalisasi. Untuk tahap validasi dilakukan oleh 3 orang validator yaitu 2
orang dosen pendidikan fisika, dan 1 orang dosen media, sedangkan untuk tahap
praktikalisasi dilakukan di SMPN 1 Rambatan yang melibatkan 23 siswa. Teknik
pengumpulan data analisis validasi, lembar obsevasi, dan lembar angket respon.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan
sebagai berikut: (1) Dalam penelitian ini telah dirancang media buletin fisika pada
materi Cahaya dan Alat Optik berbasis inquiry yang berisi materi yang disajikan
dan percobaan sederhana sesuai dengan langkah-langkah inquiry yaitu identifikasi
dan klarifikasi persoalan, membuat hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis
data dan mengambil keputusan. (2) Hasil validasi terhadap media buletin fisika
pada materi Cahaya dan Alat Optik berbasis inquiry yang dikembangkan untuk
kelas VIII semester 2 adalah valid dengan persentase 70.29 % (3) Hasil obsevasi
yang dilakukan terhadap guru menunjukkan bahwa telah memenuhi kriteria
praktikalitas yaitu dapat dipakai dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. (4)
Respon siswa terhadap pembelajaran dengan mengunakan media buletin fisika
pada materi Cahaya dan Alat Optik berbasis inquiry sangat praktis.