Abstract:
Pengaruh Kinerja Customer Service dan Marketing terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah Bukopin Cabang Bukittinggi
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah pengaruh kinerja
customer service dan marketing pada Bank Syariah Bukopin Cabang Bukittinggi
terhadap peningkatan besar kecilnya loyalitas nasabah atau jumlah nasabah.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis tertarik membahas bagaimana
sesungguhnya pengaruh kinerja customer service dan marketing terhadap loyalitas
nasabah pada Bank Syariah Bukopin Cabang Bukittinggi.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengukur seberapa besar
pengaruh kinerja customer service dan marketing terhadap loyalitas nasabah pada
Bank Syariah Bukopin Cabang Bukittinggi.
Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian lapangan (field
research) yang bersifat deskriptif kuantitatif, dengan populasi adalah nasabah
Bank Syariah Bukopin Cabang Bukittinggi. Sampel dalam penelitian ini adalah
sebanyak 44 responden, data diambil dengan angket. Kemudian penulis mengolah
data dengan rumus statistik sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis
regresi linear berganda, uji determinasi (R2), uji T.tes, dan uji F.
Berdasarkan data yang diolah ditemukan hasil bahwa, pertama, kinerja
customer service tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah
Bukopin Cabang Bukittinggi hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan t hitung <
t tabel yaitu (1,413 < 2,034). Kedua, kinerja marketing berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Bukopin Cabang Bukittinggi hal ini
dapat dilihat dari hasil perhitungan t hitung > t tabel yaitu (3,342 > 2,034). Ketiga,
secara bersamaan variabel customer service dan marketing berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Bukopin Cabang Bukittinggi dapat
dilihat dari nilai F hitung > F tabel yaitu (8,079 > 3,23).