Publikasi IAIN Batusangkar

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction ( PBI ) Dengan Mengunakan Media PhEt Simulation Pada Materi Perubahan Wujud Zat Kelas VII MTsN Batusangkar

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author ROSMIDATUL ISNA
dc.date.accessioned 2017-06-08T01:01:40Z
dc.date.available 2017-06-08T01:01:40Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2016-05-13
dc.identifier.isbn 11107011
dc.identifier.isbn 11107011
dc.identifier.issn 11107011
dc.identifier.other 02.2160212
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Menggunakan Media PhET Simulation Pada Materi Perubahan Wujud Zat Kelas VII MTsN Batusangkar Hasil belajar fisika siswa khususnya kelas VII MTsN Batusangkar masih belum memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan dari ulangan harian siswa kelas VII MTsN Batusangkar tahun pelajaran 2015/2016. Rendahnya hasil belajar fisika siswa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya proses pembelajaran yang terjadi dikelas masih berpusat pada guru, guru kurang memvariasikan model dalam pembelajaran fisika sehingga siswa menjadi bosan. Berdasarkan masalah diatas peneliti memberikan solusi untuk menyikapi masalah tersebut, yaitu dengan penerapan model pembelajaran problem based instruction dengan menggunakan media PhET Simulation. Peneliti menerapkan model pembelajaran problem based instruction dengan menggunakan media PhET Simulation ini dalam pembelajaran fisika untuk mengetahui apakah model ini efektif digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen, dengan rancangan penelitian one- group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Batusangkar tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas, dan berdasarkan pertimbangan yang menjadi sampel yaitu siswa VII4 sebagai kelas eksperimen atau kelas tempat diterapkannya model pembelajaran problem based instruction dengan menggunakan media PhET Simulation. Data hasil belajar siswa diperoleh dari kemampuan kognitif yang terdiri tes awal (pretest) untuk melihat pengetahuan awal siswa dan tes akhir (postest) untuk melihat pengaruh diterapkannya model pembelajaran problem based instruction dengan menggunakan media PhET Simulation. Pengolahan data kemampuan kognitif dilakukan dengan cara menentukan persentase normal gain. Dari hasil tes akhir yang dilakukan dalam penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa kelas VII4 kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based instruction dengan menggunakan media PhET Simulation mencapai ketuntasan 89% dan hanya 11% siswa yang tidak mengalami ketuntasan, ini membuktikan bahwa pada umumnya siswa telah memiliki pemahaman konsep yang baik terhadap pembelajaran fisika. Persentase normal gainnya 77%. Karena normal gainnya > 76% maka, dapat disimpulkan model pembelajaran problem based instruction dengan menggunakan media PhET Simulation efektif diterapkan dalam pembelajaran fisika terutama pada materi perubahan wujud zat kelas VII4 MTsN Batusangkar.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Fisika- Pendidikan
dc.subject.ddc 530.07
dc.subject.ddc 530.07
dc.title Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction ( PBI ) Dengan Mengunakan Media PhEt Simulation Pada Materi Perubahan Wujud Zat Kelas VII MTsN Batusangkar
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku