Abstract:
Attention Getters Used By Students in Delivering Humorous Speech (A Study of the Fourth Semester Students of English Department of STAIN Batusangkar Registered in 2014/2015 Academic Year)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya tipe-tipe attention getter yang digunakan oleh mahasiswa dalam humorous speech. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe-tipe attention getter yang digunakan dalam humorous speech.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode content analysis. Sumber data penelitian ini adalah humorous speech transcriptions mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Inggris pada ujian akhir semester mata kuliah speaking IV tahun ajaran 2014/2015. Data dalam penelitian ini adalah attention getter yang digunakan mahasiswa dalam humorous speech. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu oleh tabel kategori yang menggunakan teori Carlile (1997), Hamilton (2012), dan Jason (2012). Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teori Chelimsky (1989). Dokumen dianalisis dengan cara membuat transcript dari speech terlebih dahulu, dan memberi nomor untuk masing-masing speech. Penggunaan attention getter diidentifikasi dengan cara memberi kode pada setiap humorous speech transcriptions, kemudian mengelompokan masing-masing tipe attention getter yang sama kedalam tabel. Untuk menguji kebenaran data, peneliti menggunakan uji kredibilitas yaitu dengan cara mengamati video dan transcription secara berulang-ulang terhadap data yang diperoleh.
Dari hasil analisis data ditemukan bahwa ada delapan tipe attention getter yang digunakan oleh mahasiswa Tadris Bahasa Inggris semester IV (empat) STAIN Batusangkar tahun ajaran 2014/2015 yaitu; demonstration, question, reference the occasion/current event, definition/explanation, telling story, startling the audience, humor,dan brief example. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa dari delapan attention getter tersebut yang paling banyak digunakan adalah question.