Abstract:
AN ANALYSIS OF TEACHERS’ PEDAGOGICAL COMPETENCE IN TEACHING ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS (A Study of English Teachers in Elementary Schools in Tanah Datar Regency)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kompetensi pedagogic guru dalam pengajaran bahasa inggris di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi pedagogik guru sekolah dasar dalam mengajarkan bahasa Inggris.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Peneliti melakukan sumber data berupa dokumen berupa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran. Kemudian peneliti juga melakukan observasi kedalam kelas untuk melihat bagaimana pengimplementasian RPP tersebut. kemudian, peneliti juga melakukan wawancara berdasarkan observasi yang telah dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini adalah RPP, observasi, dan interview pada lima Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Tanah Datar yaitu SDN 01 Balai Batu, SDN 05 Kampung Baru, SDN 07 Supanjang, SDN 29 Cubadak, dan SDN 31 Balai Labuah Bawah. Data dalam penelitian ini adalah pengelolaan pembelajaran oleh guru yaitu menyusun Rancangan Pembelajaran dan pengimplementasiannya dalam kelas. Pengelolaan pembelajaran tersebut berdasarkan teori Barnawi (2012).
Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahawa terdapat embilan indicator yang harus dikuasai oleh guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, yaitu describe the learning objectives, organize material based on the competencies specified, organize material based on the material order and groups, allocating time, determine the appropriate method, designing learning procedures, determine instructional media, practicum equipment, and materials to be used, determine the source of learning, determining appropriate valuation techniques. dan dalam pengimplementasian dalam pembelajaran, guru harus mempunyai dua belas indikator yang harus dikuasai yaitu open lesson with the appropriate method, presents the subject matter in a systematic, learning to apply the methods and procedures that have been determined, regulate the activities of students in class, using instructional media, lab equipment, and materials that have been determine, using learning resources selected, Motivate students by using a positive way, Interact with students using communicative language, Open lesson with the appropriate method, Presents the subject matter in a systematic , Provide questions and feedback, Study concluded.