Abstract:
AN ANALYSIS OF INTRODUCTORY PARAGRAPH IN STUDENTS’ ESSAYS (A Study of the Fifth Semester Students of English Department of STAIN Batusangkar Registered in 2015/2016 Academic Year)
Masalah dalam penelitian ini adalah belum tergambarnya kualitas introductory paragraph pada esei yang ditulis oleh mahasiswa Bahasa Inggris semester V STAIN Batusangkar tahun akademik 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui introductory paragraph yang ditulis oleh mahasiswa apakah sudah bagus atau belum berdasarkan karakteristik dari introductory paragraph.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen penelitiannya adalah dokumen tes tengah semester, yang berjumlah 100 dokumen. Instrumen kunci pada penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai alat untuk mengolah data. Selanjutnya dalam menganalisis data, peneliti menggunakan tabel klasifikasi karakteristik dari introductory paragraph yang dikemukakan oleh Pertiwi dan Teguh (2012:24), yang mana karakteristiknya adalah an introductory paragraph should introduce the topic, indicate generally how the topic is going to be developed, contain the thesis statement, dan attention getter.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa 80,7 % introductory paragraph yang dibuat oleh mahasiswa Bahasa Inggris semester V STAIN Batusangkar tahun akademik 2015/2016 adalah bagus dan 19,3 % introductory paragraph yang dibuat oleh mahasiswa adalah sangat tidak bagus. Hampir seluruh mahasiswa membuat introductory paragraph berdasarkan karakteristik dari introductory paragraph didalam esei. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa hampir seluruh mahasiswa Bahasa Inggris semester V STAIN Batusangkar tahun akademik 2015/2016 sudah membuat introductory paragraph dengan bagus didalam menulis esei.