Abstract:
Linkage program merupakan suatu strategi yang bertujuan memberdayakan Usaha Mikro Kecil serta Menengah (UMKM) melalui partisipasi industri keuangan. Sesuai dengan Peraturan Menteri No. 03/Per/M.KUKM/III/2009 tentang Pedoman Umum Linkage Program antara Bank Umum dengan Koperasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi dan kebijakan yang digunakan dalam strategi pemasaran produk linkage kepada koperasi serta misi dan implementasi penyaluran pembiayaan linkage oleh PT. BRI Syariah Cabang Padang dalam rangka memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik yang diguankan dalam pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang ditemukan adalah kebijakan pemasaran yang digunakan oleh Bank BRI Syariah Cabang Padang adalah kebijakan door to door yang bertujuan untuk mengatasi keterbatasan dalam melakukan perluasan pemasaran, agar dapat menjaring nasabah dalam cakupan yang lebih luas. Dalam melakukan pendekatan kepada Kopkar/KPRI di gunakan metode direct promotion yang bertujuan untuk mengantisipasi nasabah yang berpotensi bermasalah ketika pembiayaan linkage telah disalurkan, karena kondisi calon nasabah telah diketahui dengan jelas guna meminimalisir terjadinya risiko. Kebijakan Bank BRI Syariah dalam pembiayaan linkage lainnya adalah dengan meletakan seorang account officer khusus yang menangani pembiayaan linkage dan Kopkar/KPRI dipilih, karena merupakan suatu lembaga yang lebih stabil dan lebih aman dibandingkan UMKM lainnya. Kondisi ini menjadi bahan pertimbangan bagi Bank BRI Syariah Cabang Padang untuk mengantisipasi pembiayaan bermasalah setelah pencairan pembiayaan dilakukan. Misi dari pembiayaan linkage adalah untuk memberdayakan UMKM, Kopkar/KPRI menjadi perantara bagi Bank BRI Syariah Cabang Padang dalam menyalurkan pembiayaan kepada anggota koperasi yang membutuhkan dana dalam pengembangan UMKM, selain untuk pengembangan UMKM pembiayaan linkage juga bisa digunakan oleh para anggota Kopkar/KPRI untuk memenuhi kebutuhan konsumtif.
Kata Kunci: Kebijakan Pemasaran, Pembiayaan Linkage, (Kopkar/KPRI).