Abstract:
Permasalahan penelitian dalam mengajar bahasa Inggris ini adalah beragamnya starategi yang digunakan oleh guru di SMAN 1 Batusangkar. Bertitik tolak dari permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategy yang digunakan oleh guru bahasa inggris dalam mengajar bahasa inggris di SMAN 1 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah guru yang mengajar bahasa inggris di SMAN 1 Batusangkar. Pengambilan informan penelitian ini dilakukan dengan metode Purposive Sampling. Instrument kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara kepada informan. Untuk menguji kebenaran data, peneliti melakukan tringulasi data dengan membandingkan hasil interview pertama dengan interview kedua (time triangulation). Selanjutnya dalam melakukan analisis data, peneliti menggunakan langkah-langkah yang dikutip dari Miles and Huberman in Sugiyono (2012:91) sebagai berikut; Pertama, reduction of the data. Kedua, data display. Ketiga, conclusion/verification of the data
Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di SMAN 1 Batusangkar adalah: 1) Active Knowledge Sharing strategy, 2) Individual practice strategy, 3)Modeling Strategy, 4) Jigsaw strategy, 5) Four Corner Strategy