Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya persiapan penanampilan pidato yang dilakukan oleh high achievement students Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar tahun akademik 2016/2017 di kelas Speaking IV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan yang digunakan oleh high achievement students dalam menampilkan pidato mereka di kelas Speaking IV.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa high achievement students Bahasa Inggris semester VI tahun akademik 2016/2017 dalam mempersiapan penanampilan pidato di kelas Speaking IV. Informan penelitian ini berjumlah 7 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dengan mewawancarai informan. Penetapan informan dilakukan melalui observasi langsung di kelas Speaking IV untuk mencari informan yang menunjukan adanya persiapan yang digunakan oleh high achievement student dalam penampilan pidato mereka. Kemudian informan diwawancarai untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 persiapan pidato yang dilakukan oleh high achievement students semester VI Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar tahun akademik 2016/2017 dalam di kelas Speaking IV class yaitu: (1) menemukan topik yang menarik; (2) membuat outline.; (3 (3) menemukan media dari berbagai sumber; (4) membuat teks menggunakan bahasa sendiri; (5) berlatih sendiri; (6) meminta pendapat teman; (7) berlatih dengan kelompok; dan (8) menganalisa hasil latihan.