Abstract:
Pemasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya types of criticism strategy yang digunakan oleh student-observers dalam interaksi di kelas Micro Teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan criticism strategy yang digunakan oleh student-observers dalam memberikan feedback terhadap penampilan student-teachers di kelas Micro Teaching.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain content analysis. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Micro Teaching pada jurusan Bahasa Inggris tahun ajaran 2016/2017. Objek dari penelitian ini adalah ujaran yang termasuk kedalam types of criticism strategy yang digunakan oleh student-observers dalam memberikan feedback terhadap penampilan student-teachers di kelas Micro Teaching. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan didukung teori taxanomy of criticism yang diadaptasi dari teori Nguyen (2008). Data diambil dengan cara mengamati langsung interaksi yang terjadi di kelas dan merekam interaksi tersebut dengan menggunakan hand phone selama tujuh kali pertemuan. Peneliti kemudian mentranskrip tuturan yang berbentuk rekaman ke dalam bentuk tulisan. Setelah itu, tuturan yang berbentuk tulisan tersebut dipisahkan apakah termasuk kedalam criticism strategi atau tidak. Peneliti kemudian mengklasifikasikan criticism strategi tersebut berdasarkan jenisnya yaitu; direct criticism strategy dalam bentuk negative evaluation, disapproval, statement of the problem, statement of difficulty, consequences dan indirect criticism strategy dalam bentuk correction, indicating standard, demand for change, suggestion for change, expression of uncertainty, and asking or presupposing.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, ditemukan student-observers menggunakan direct criticism strategy, dengan tiga tipe temuan yaitu statement of problem, statement of difficulty, consequences, dan indirect criticism dalam bentuk correction, demand for change, dan suggestion for change. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, statement of the problem merupakan tipe kritikan yang mendominasi tuturan yang digunakan oleh student-observers dan correction merupakan tipe kritikan yang paling sedikit digunakan oleh student-observers dalam memberikan feedback terhadap penampilan student-teachers.