Abstract:
Permasalahan penelitian ini adalah belum terungkapnya alasan yang menyebabkan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler debat Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah Padang Panjang. Bertitik tolak dari permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alasan yang menyebabkan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler debat Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah Padang Panjang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler debat Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah Padang Panjang tahun akademik 2016/2017. Informan penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler debat Bahasa Inggris. Pengambilan informan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling.Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan pedoman wawancara.Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara kepada informan. Untuk menguji kebenaran data, peneliti melakukan tringulasi data dengan membandingkan hasil interview dengan interview (time triangulation). Selanjutnya dalam melakukan analisis data, peneliti menggunakan langkah-langkah yang dikutip dari Miles dan Huberman in Sugiyono (2012:91) yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, data display dan menarik kesimpulan serta verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa alasan yang menyebabkan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler debat Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah Padang Panjang adalah: (1) Get more insights; (2) Enhance the communication and speaking skills; (3) Like English; (4) Get more vocabularies; (5) Rewarding experience; (6) To be more confident; (7) Get more knowledge’s; (8) Have a fun; (9) Make friends; (10) Like English debate; (11) Trying a challenge; (12) Test the ability; (13) Test the idea; (14) More active than other students in the formal class.