Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya korelasi antara Metacognitive Strategy terhadap nilai Reading Comprehension mahasiswa IAIN Batusangkar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan korelasi antara Metacognitive Strategy terhadap nilai Reading Comprehension mahasiswa semester ketiga Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN Batusangkar tahun akademik 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa bahasa inggris semester ketiga tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 83 orang dan 69 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel diambil menggunakan teknik stratified proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah angket yang berisi pernyataan tentang metacognitive strategy yang disusun berdasarkan indikator dari teori yang didapat, dan nilai Reading Comprehension III Subject mahasiswa semester tiga tahun akademik 2015/2016. Sebelum dilakukan pengambilan data, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen kepada 14 orang mahasiswa dengan jumlah pernyataan dalam angket sebanyak 70 butir sebagai try out. Untuk menguji validitas angket tersebut, angket dirancang berdasarkan indikator metacognitive strategy item positif dan negatif. Hasil uji coba tersebut lalu di analisis dengan menggunakan SPSS 16 untuk melihat validitas dari angket. Dari hasil uji coba instrumen diperoleh angka reliabilitasnya 0.876. sehingga didapatkan 14 butir instrumen yang tidak valid (discarded), 39 butir instrumen yang di revisi dan 17 butir instrumen yang valid. Setelah di revisi, angket yang berjumlah 70 butir disebarkan kepada mahasiswa yang menjadi sampel penelitian, serta skor dalam KHS mereka diolah dengan menggunakan rumus Product Moment.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan rumus Product Moment, didapatkan hasil bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara metacognitve strategy dan nilai Reading Comprehension yang mereka peroleh dengan df 53, maka diperoleh skor rhitung (0.148) lebih rendah dari rtabel (0.266) pada taraf signifikansi 5%.