Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya langkah-langkah yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris SMA 3 Batusangkar dalam mengajar reading comprehension. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris yang mengajar di SMAN 3 Batusangkar dalam mengajar reading comprehension.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah lembaran obsrvasi mengajar guru Bahasa Inggris yang sedang mengajarkan reading comprehension di SMAN 3 Batusangkar. Lembaran observasi di analisis untuk menemukan langkah-langkah guru Bahasa Inggris dalam mengajar reading comprehension. Peneliti menganalisa data dengan model yang digunakan oleh Miles dan Huberman, langkah-langkahnya yaitu dengan cara reduksi data, data display, menverifikasi data dan selanjutnya disimpulkan.
Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa ada tiga langkah yang dilakukan oleh guru Bahasa Inggris di dalam mengajar reading comprehension. Adapun langkah tersebut parallel dengan MC.Whorter (1992 : 23): (1) Before Reading (Pre-Reading). Sebelum membaca guru Bahasa Inggris SMAN 3 Batusangkar menyuruh siswa untuk mengamati teks dan menulis kata kunci dari teks bacaan. (2) During Reading. Ketika siswa membaca teks guru Bahasa Inggris SMAN 3 Batusangkar menyuruh siswa untuk mencari informasi, ide pendukung dan menebak isi teks bacaan tersebut (3) After Reading (Post-Reading). Setelah membaca guru Bahasa Inggris SMAN 3 Batusangkar meminta siswa untuk menemukan tujuan, menanyakan apakah ada pertanyaan dan bertanya kepada siswa apakah isi bacaan teks tersebut real or unreal.