Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tergambarnya unsur-unsur yang digunakan dan kualitas media visual dalam pembelajaran yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris di SMANdi Batusangkar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas media visual dalam pembelajaran yang digunakan oleh guru di SMAN Batusangkar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang berbentuk cross-sectional. Data dari penelitian ini adalah kualitas media visual yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Batusangkar dalam unsur-unsur visual dan verbal. Sumber data didapat dari media visual yang digunakan oleh guru di SMAN 2 dan 3 Batusangkar yang berjumlah 28 media. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 10 media dengan 109 SlidesShowsebagai sampel. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk menganalisis data adalah lembaran survei deskriptif kriteria dan indikator media visual dalam pembelajaran yang baik yang disarankan oleh Smaldino, dkk (2011). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis deskripsi pendekatan kuantitatif.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa instructional visual media yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris SMAN di Batusangkar terdapat 12.84% menggunakan unsur visual dan 87.15% menggunakan unsur verbal. Untuk unsur visual, kualitas instructional visual media yang digunakan guru adalah exemplary (patut dicontoh) sebesar 55.4%, acceptable (bisa diterioma) sebesar 41.03%, dan poor (buruk) sebesar 3.57%. Untuk unsur verbal kualitas instructional visual media yang digunakan guru adalah exemplary (patut dicontoh) sebesar 57.474%, acceptable (bisa diterima) sebesar 32.422%, dan poor (buruk) sebesar 10.104%.