Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya kemampuan mahasiswa semester V dalam memahami Causative Verbs di dalam kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa semester V dalam memahami Causative Verbs di dalam kalimat.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester V tahun akademik 2016/2017 yang berjumlah 73 orang yang berasal dari tiga kelas. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Samplingyang berjumlah 62 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes grammaryang berjumlah 40 butir. Sebelum tes diberikan ke sampel penelitian, peneliti melakukan try-out kepada 11 orang. Setelah try-out dilakukan, peneliti melanjutkan ke tes yang diberikan kepada 62 orang. Validitas per soal dihitung dengan korelasi Product Moment dan Split Half.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa semester V Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Batusangkar tahun ajaran 2016/2017 dalam memahami Causative Verbs secara umum berada pada level sangat rendah dengan rata-rata 24,42. Secara khusus, kemampuan mahasiswa dalam memahami causative verbs menggunakan have dengan aktif objek pada level sangat rendah dengan rata-rata 25,00, menggunakan have dengan pasif objek pada level sangat rendah dengan rata-rata 14,90, menggunakan get dengan aktif objek pada level sangat rendah dengan rata-rata 33,41, menggunakan get dengan pasif objek pada level sangat rendah dengan rata-rata 25,96, dan menggunakan make dengan aktif objek pada level sangat rendah dengan rata-rata 22,59.