Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya kemampuan siswa kelas delapan SMPN 2 Sawahlunto tahun akademik 2016/2017 dalam membuat kalimat degrees of comparion. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas delapan SMPN 2 Sawahlunto dalam membuat kalimat degrees of comparison.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMPN 2 Sawahlunto tahun akademik 2016/2017 yang berjumlah 136 orang yang berasal dari enam kelas. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling yang berjumlah 102 orang. Instumen yang digunakan adalah test grammar yang berjumlah 30 butir soal. Sebelum test diberikan ke sampel penelitian, peneliti melakukan try-out kepada 34 orang. Setelah try-out dilakukan, peneliti melanjutkan ke test yang diberikan kepada 102 orang. Validitas per soal dihitung dengan korelasi product momen dan split half .
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas delapan SMPN 2 Sawahlunto tahun akademik 2016/2017 dalam membuat kalimat degress of comparison secara umum berada pada level menengah dengan rata-rata 57,23. kemampuan siswa dalam membuat kalimat degrees of comparison menggunakan positive degree berada pada level tinggi dengan rata-rata 78,23. Kemampuan siswa dalam membuat kalimat degrees of comparison menggunakan comparative degree berada pada level menengah dengan rata-rata 61,6. Sedangkan kemampuan siswa dalam membuat kalimat degrees of comparison menggunakan superlative degree adalah sangat rendah dengan rata-rata 39,6. Secara khusus kemampuan siswa dalam membuat kalimat degrees of comparison menggunakan positive degree as…as dan menggunakan positive degree not as…as berada pada level sangat tinggi dan level tinggi dengan rata-rata 84,83 dan 72,75. Sedangkan kemampuan siswa dalam membuat kalimat degrees of comparison menggunakan comparative degree –er than dan more than berada pada level tinggi dengan rata-rata masing- masing 66,29 dan 67,70. Kemudian kemampuan siswa dalam membuat kalimat degrees of comparison menggunakan irregular comparative degree berada pada level rendah dengan rata -rata 42,13. Dan kemampuan Siswa dalam membuat kalimat dengan menggunakan superlative degree -est dan the most berada pada level rendah dengan rata-rata masing- masing 40,73 dan 46, 07. Sedangkan kemampuan siswa berada pada level sangat rendah dengan rata- rata 33,15 dalam membuat kalimat dengan menggunakan irregular superlative form.