Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya aplikasi prinsip-prinsip pengelolaan kelas oleh mahasiswa dalam kelas Micro Teaching pada semester ketujuh jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase aplikasi prinsip-prinsip pengelolaan kelas oleh mahasiswa pada mata kuliah Micro Teaching.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional. Data penelitiannya adalah prinsip-prinsip pengelolaan kelas yang diterapkan oleh mahasiswa semester ketujuh dikelas Micro Teaching. Sumber data dari penelitian ini adalah video recording mengajar mahasiswa semester ketujuh Jurusan Tadris Bahasa Inggris pada ujian komprehensif mereka pada mata kuliah Micro Teaching yang berjumlah 64 dokumen. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum aplikasi prinsip-prinsip pengelolaan kelas oleh mahasiswa di kelas Micro Teaching pada level good yaitu 77,08%. Prinsip-prinsip pengelolaan kelas tersebut diurutkan berdasarkan yang paling tinggi penerapannya. Pertama yaitu equipment diaplikasikan dengan persentase 100% atau berada pada level very good, kedua yaitu warm feeling and enthusiastic 98,44% atau berada pada level very good, ketiga yaitu varied 98,44% atau berada pada level very good, keempat yaitu challenged 90,62% atau berada pada level very good, kelima yaitu emphasizing at matter which positive 87,5% atau berada pada level very good, keenam yaitu sight, sound, and comfort diaplikasikan dengan persentase 75% atau berada pada level good, ketujuh yaitu chalkboard use 57,81% atau berada pada level poor, kedelapan yaitu seating arrangement 46,87% atau berada pada level poor, dan kesembilan yaitu self-discipline cultivation 39,06% atau berada pada level very poor.