Abstract:
Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang diduga dipengaruhi oleh kurangnya motivasi berprestasi dan efikasi diri (self efficacy) siswa, dimana sikap motivasi berprestasi dan efikasi diri (self efficacy) siswa tersebut memiliki hubungan yang kompleks. Hal ini peneliti temukan di kelas X5 SMAN 1 Sungai Tarab. Untuk memecahkan masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan mencari signifikansi dan besarnya pengaruh motivasi berprestasi dan efikasi diri (self efficacy) siswa terhadap hasil belajar secara partial dan simultan.
Jenis penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (field research). Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X5 SMAN 1 Sungai Tarab tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah pengisian angket motivasi berprestasi yang terdiri dari 21 pernyataan berupa 10 butir pernyataan positif dan 11 butir pernyataan negatif serta pengisian angket efikasi diri (self efficacy) yang terdiri dari 20 pernyataan berupa 10 butir pernyataan positif dan 10 butir pernyataan negatif. Data diolah secara manual, hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan uji-t satu arah untuk pengaruh secara partial dan uji-F satu arah untuk pengaruh secara simultan.
Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang tidak signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika sebesar 10,83%, terdapat pengaruh langsung yang tidak signifikan efikasi diri (self efficacy) terhadap hasil belajar matematika sebesar 10,95%, besar pengaruh motivasi berprestasi dan efikasi diri (self efficacy) terhadap hasil belajar matematika sebesar 6,59%, dan terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi dan efikasi diri (self efficacy) secara simultan terhadap hasil belajar matematika sebesar 34,95%. Artinya, hasil belajar matematika siswa ditentukan oleh motivasi berprestasi dan efikasi diri (self efficacy) yang dimiliki siswa secara bersama-sama sebesar 34,95%. Sebesar 65,05% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diamati pada penelitian ini berupa suasana belajar, strategi guru dalam mengelola pembelajaran, dan lain-lain.
Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Efikasi Diri, Hasil Belajar Matematika