Abstract:
Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika, terutama kesulitan siswa dalam memecahakan masalah matematika. Tujuan pembahasan ini untuk (1) Mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada kemampuan pemecahan masalah dalam memahami bahasa dan membaca di SMA N 2 batusangkar (2) Mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada kemampuan pemecahan masalah dalam persepsi visual di SMA N 2 Batusangkar (3) Mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada kemampuan pemecahan dalam memahami masalah.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2016 di SMA N 2 Batusangkar. Sumber data adalah siswa kelas XI.IS.2 yang berjumlah 21 orang. Data kemampuan pemecahan masalah dan kesulitan belajar siswa diperoleh menggunakan tes dan wawancara, sedangkan data tes kesulitan belajar siswa ditinjau pada kemampuan pemecahan masalah dianalisis dengan prosedur: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan sementara, verifikasi data dan penarikan kesimpulan akhir.
Berdasarkan hasil penelitian, kesulitan belajar ditinjau pada kemampuan pemecahan masalah dalam persepsi visual dengan predikat cukup memuaskan, bentuk kesulitan yang dialami yaitu kesulitan dalam mengambil informasi yang tedapat pada soal cerita, serta menyajikan data yang didapat ke bentuk gambar. Kesulitan belajar siswa ditinjau pada kemampuan pemecahan masalah pada asosiasi visual-motor dikategorikan cukup memuaskan. Diantara kesulitan yang dialami yaitu kesulitan dalam menggunakan rumus matematika, sehingga terkesan menghafal bukan memahami rumus. Kesulitan belajar ditinjau pada kemampuan pemecahan masalah dalam memahami bahasa dan membaca dikategorikan kurang memuaskan, diantara kesulitan yang dialami yaitu kesulitan dalam memahami soal, dan kesulitan dalam menarik kesimpulan.