Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari keadaan siswa, meliputi jasmani dan rohani/kepribadian termasuk dala, hal ini adalah minat, motivasi dan kemandirian belajarsiswa. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di MTsN Subang Anak Batipuh, diperoleh nilai nilai rapor semester genap siswa kelas IX yang diduga dipengaruhi oleh minat, motivasi, dan kemandirian belajar. Untuk menguji dugaan tersebut, dilakukan Penelitian dengan mencari signifikan motivasi, minat, dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika secara sendiri-sendiri (partial) dan bersama-sama (simultan). Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan motivasi, minat, dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika secara sendiri-sendiri (partial) dan bersama-sama (simultan). Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian assosiatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX MTsN Subang Anak Batipuh sebanyak 16 orang. Instrumen penelitian yaitu nilai rapor, angket minat belajar, angket motivasi belajar dan angket kemandirian belajar. Data diolah dengan bantuan SPSS 21, hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan uji t dan uji F.
Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 2,214 dan nilai ttabel sebesar 1,782. Diketahui nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 2,060 dan nilai ttabel sebesar 1,782. Diketahui nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Terdapat pengaruh yang positif yang dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 2,931 dan nilai ttabel sebesar 1,782. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung sebesar 31,099 dan nilai ttabel sebesar 3,490. Diketahui nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel, maka hipotesis penelitian diterima, dan besarnya pengaruh minat, motivasi,dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa adalah sebesar 94,1% sedangkan sisanya sebesar 5,9% dipengaruhi oleh variabel lain selain minat belajar, motivasi belajar, dan kemandirian belajar.
Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran perlu ditingkatkan minat belajar, motivasi belajar, dan kemandirian belajar. Semakin tinggi minat belajar, motivasi belajar, dan kemandirian belajar matematika siswa, maka semakin baik pula hasil belajar matematikanya. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah minat belajar, motivasi belajar, dan kemandirian belajar siswa, maka semakin rendah pula hasil belajar matematikanya.
Kata Kunci: Faktor Internal, Hasil Belajar