Abstract:
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa, siswa kurang paham mengenai materi trigonometri, tidak adanya penggunaan media sebagai penunjang kegiatan pembelajaran matematika, sumber belajar yang kurang menarik bagi siswa dan kurangnya penjelasan yang ada pada buku paket matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan majalah ilmiah penunjang matematika yang dapat membantu siswa kelas X SMAN 1 Lintau Buo dalam memahami materi trigonometri. Adapun tujuan khususnya adalah untuk dapat mengetahui apakah majalah ilmiah matematika materi trigonometri telah valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap analisis muka belakang (front-end analysis), tahap prototipe dan tahap penilaian. Analisis muka-belakang meliputi wawancara dengan guru matematika, menganalisis silabus pembelajaran semester dua, menganalisis sumber belajar matematika semester dua, menganalisis keterpakaian media, dan menganalisis kebutuhan siswa. Tahap prototipe, meliputi validasi prototipe dan praktikalitas majalah. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi dan angket respon. Penelitian dilakukan di kelas X SMAN 1 Lintau Buo.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1). Majalah ilmiah matematika materi trigonometri yang dirancang sudah valid (meliputi aspek isi, aspek penyajian, aspek bahasa dan keterbacaan) dari sudut pandang pakar (validator), 2). Penggunaan majalah ilmiah matematika materi trigonometri tidak mengalami hambatan yang berarti, dalam arti praktis penggunaannya menurut penilaian siswa.