Abstract:
Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah kesulitanbelajarmatematikasiswa yang dilihatdarigayabelajar visual, auditori, dankinestetik. Banyaknyasiswa yang tidaktuntaspadamaterigeometrimengindikasikanbahwasiswamengalamikesulitanbelajar, sertasiswamemilikigayabelajar yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakesulitanbelajarmatematikasiswadilihatdarigayabelajar visual, auditori, dankinestetik.
Jenis penelitian yang digunakanadalahjenispenelitian lapangan (field research), denganpendekatangabungankualitatifdankuantitatif. Subjekpenelitianadalahsiswakelas VII 4 yang mengalamikesulitanbelajarmatematika.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahmelaluites diagnostik untukmengetahuikesulitanbelajarmatematikasiswadengan 4 butirsoal essay, angketuntukmengetahuigayabelajarsiswa, danwawancarakepadasiswa yang mengalamikesulitanbelajarmatematika. Data yang terkumpuldianalisisdenganprosedurmereduksi data, menyajikan data danmenarikkesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yangpenelitilakukan, maka dapat disimpulkan bahwakesulitanbelajar yang dialamiolehsiswakelas VII.4 SMP Negeri 2 Batusangkardengangayabelajar visual adalah: (1)KesulitanAbnormalitasPersepsi visual, hasilanalisis data menunjukkanpersentasesangatberkesulitanterkecil yang dialamisemuasiswa, namunmasihadabeberapasiswadengangayabelajar visual yang mengalamikesulitanini. Beberapakesalahansiswa yang ditemukandarihasiltesdanwawancarasiswabanyakmelakukancoretan, siswatidakmampusecaracepatmengidentifikasisoal; (2)KesulitandalamHubunganKeruangan, hasilanalisis datamenunjukkankesulitaniniterjadiakibatsiswatidakmampumengekspresikan ide-ide matematikasecaratertulissepertitidakadanyalangkah-langkahpenyelesaiansoal.Hal initerlihatdarihasiltesdanwawancara.Kesulitanbelajar yang dialamiolehsiswadengangayabelajar auditory adalah: (1)KesulitanPerservasi,kesulitanperservasi yang dialamisiswaadalahkemampuandalammemperhatikandanmenghitung yang kurangsehinggasiswasalahdalammenyelesaikansoalhitungandalammaterigeometri; (2)KesulitandalamBahasadanMembaca, hasilanalisis datainimenunjukkanbahwasiswakurangmampudalammemahamisoalapalagidalambentuksoalcerita. Kesulitanbelajar yang dialamiolehsiswadengangayabelajarkinestetikadalah: (1)KesulitanPerservasi, Kesulitanperservasi yang dialamisiswaadalahkemampuandalammemperhatikandanmenghitung yang kurangsehinggasiswasalahdalammenyelesaikansoalhitungan; (2)KesulitandalamHubunganKeruangan,hasilanalisis datamenunjukkankesulitaniniterjadiakibatsiswatidakmampumengekspresikan ide-ide matematikasecaratertulissepertitidakadanyalangkah-langkahpenyelesaiansoal. Hal initerlihatdarihasiltesdanwawancara.
Kata kunci: kesulitanbelajarmatematika, gayabelajar