Abstract:
Penelitian ini didasari observasi peneliti di Kelas VIII SMPN 9 Sawahlunto dan hasil wawancara peneliti dengan Guru Matematika Kelas VIII bahwa apabila siswa diberikan soal yang tingkatnya lebih tinggi, siswa berusaha mencari penyelesaian dengan berbagai cara, seperti diskusi dengan teman sebangku, melihat buku. Siswa cenderung berpikir hanya dengan berfokus pada hafalan rumus bisa untuk menyelesaikan masalah dan menemukan solusi dari suatu persoalan. Kemampuan berpikir reflektif salah satu sarana untuk membantu siswa dalam menyelesaikan suatu persoalan, tertutama dalam soal pemecahan masalah matematika. Jadi berpikir reflektif juga diperlukan untuk menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika, yang mana kemampuan berpikir reflektif adalah kemampuan berpikir yang menghubungkan pengetahuan yang diperolehnya untuk menyelesaikan permasalahan baru yang berkaitan dengan pengetahuan lamanya untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Oleh karena itu penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir reflektif siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMPN 9 Sawahlunto.
Penelitian ini menggunakan metode gabungan yaitu metode kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 09 Sawahlunto yang berjumlah 21 orang. Data yang dikumpulkan berupa data tes kemampuan berpikir reflektif dalam pemecahan masalah matematika dalam dan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulisan dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur mereduksi data, analisis hasil kerja, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data tes dan wawancara menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan berpikir reflektif siswa dalam kategori tinggi. Pada indikator menginterprestasikan fakta atau kejadian tergolong cukup tinggi, Mengidentifakasi apa yang dipelajari tergolong tinggi, mengubah suatu gagasan ke gagasan lain yang mengacu pada konsep tergolong cukup tinggi, Membuat kesimpulan tergolong cukup tinggi.
Kata Kunci. Kemampuan Berpikir Reflektif, Soal Pemecahan Masalah Matematika