Abstract:
Penelitian ini bertolak dari permasalahan yang teridentifikasi dalam pembelajaran matematika di SMP IT Sungayang. Berdasarkan hasil observasi, terlihat bahwa guru kelas VIII SMP IT Sungayang, telah menggunakan sumber belajar dalam pembelajaran matematika berupa buku paket BSE dan LKS yang diterbitkan oleh CV Grahadi Surakarta, setiap siswa memiliki LKS tersebut. LKS yang digunakan oleh siswa dalam pembelajaran belum bisa membantu dan memudahkan siswa dalam belajar, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered). Padahal LKS adalah salah satu sumber belajar yang dapat membuat siswa belajar secara mandiri serta membangkitkan minat siswa dalam pembelajaran jika LKS disusun secara rapi, sistematis dan mudah dipahami. Berdasarkan hal ini, dibutuhkan LKS yang bisa membantu dan memudahkan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian pada skripsi ini dibahas mengenai pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan investigasi dengan variasi mind mapping. Dalam LKS ini digunakan pendekatan investigasi karena dalam pendekatan investigasi kegiatan pembelajarannya memberi kemungkinan pada siswa untuk mengembangkan pemahamannya melalui berbagai kegiatan dan hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan pengembangan yang dilalui oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data apakah LKS berbasis pendekatan investigasi dengan variasi mind mapping pada materi lingkaran yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan ini terdiri 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Pada tahap pendefinisian, kegiatan yang dilaksanakan meliputi wawancara dengan guru matematika, analisis silabus, analisis siswa dan bahan ajar. Pada tahap perancangan, kegiatan yang dilaksanakan meliputi perancangan bahan ajar, lembar validasi dan lembar angket respon siswa. Pada tahap pengembangan, dilaksanakan validasi LKS dan angket respon siswa kepada pakar matematika, revisi dan uji praktikalitas. Pada proses validitas, prototype LKS divalidasi oleh 2 orang pakar pendidikan matematika di IAIN Batusangkar, dan 1 orang guru matematika SMP IT Sungayang. Pada tahap praktikalitas, LKS diujicobakan pada siswa kelas VIII SMP IT Sungayang untuk melihat kemudahan dalam penggunaan LKS yang dikembangkan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis pendekatan investigasi dengan variasi mind mapping pada materi lingkaran yang dirancang telah valid dengan sedikit revisi. LKS berbasis pendekatan investigasi dengan variasi mind mapping pada materi lingkaran telah praktis digunakan setelah diuji coba kepraktisannya pada siswa kelas VIII SMP IT Sungayang.