Abstract:
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru. Penelitian ini ditujukan kepada guru-guru MAS TI Pariangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAS TI Pariangan.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini disebut juga dengan penelitian populasi. Metode pengambilan sampel adalah total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel karena jumlah sampel kurang dari 100 yaitu sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan angket dengan berpedoman pada indikator yang digunakan, kemudian hasil angket diberi nilai dengan menggunakan skala likert, teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment dan dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan analisis koefesien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat kemukakan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara kepemimpinan transformasional kepala madrasah dengan kinerja guru sebesar 0,350. Hal ini berarti koefesien bersifat positif. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala madrasah dengan kinerja guru dapat diterima.
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru, dan MAS TI Pariangan