Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen perpustakaan MTsN Tanjung Emas Ditinjau dari standar nasional perpustakaan sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiah dilihat dari aspek (1) kondisi koleksi perpustakaan; (2) kondisi sarana dan prasarana perpustakaan; (3) kondisi SDM perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kompotetif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala perpustakaan, kepala urusan sarana dan prasarana, tenaga perpustakaan dan guru-guru di MTsN Tanjung Emas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Hubermen. Hasil temuan menunjukan sebagai berikut. (1) Kondisi koleksi perpustakaan di MTsN Tanjung Emas untuk jenis koleksi perpustakaan, jumlah koleksi perpustakaan, dan referensi perpustakaan belum memenuhi standar nasional perpustakaan 008: tahun 2011 yang dibuat oleh kepala perpustakaan Republik Indonesia. (2) Kondisi sarana dan prasarana perpustakaan di MTsN Tanjung Emas juga belum memenuhi standar nasional perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan MTsN Tanjung Emas belum memadai. (3) Kondisi SDM perpustakaan masih belum memenuhi standar nasional perpustakaan, pengelola perpustakaan belum satu pun yang mempunyai latar belakang yang sesuai dengan bidang perpustakaan.
Kata kunci: Manajemen Perpustakaan Sekolah, Standar Nasional Perpustakaan, MTsN Tanjung Emas.