Abstract:
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang sistem penerimaan peserta didik baru di SMAN 2 Lintau Buo yang hanya melakukan sistem seleksi administratif saja dan peserta didiknya berhasil lulus 100% dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik di SMAN 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Teknik untuk mengecek keabsahan datanya adalah dengan teknik trianggulasi dan menggunakan bahan referensi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat dikemukakan bahwa pelaksanaan manajemen peserta didik di SMAN 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar adalah. 1. penerimaan peserta didik yang dilakukan dengan sistem seleksi administratif dengan prosedur penerimaannya adalah a. Membentuk panitia, b. rapat panitia penerimaan, c.sosialisasi kesekolah-sekolah, d. Pendaftaran peserta didik, e. seleksi, f. pengumuman calon peserta didik baru yang diterima, g. pendaftaran ulang bagi yang diterima, h. pendaftaran bagi calon kategori cadangan Pengumuman cadangan yang diterima, i. pendaftaran ulang cadangan yang diterima. 2. pembinaan peserta didik yang seperti: a. kehadiran dan ketidak hadiran, b. kedisiplinan, c. kelas yang efektif, d. evaluasi hasil belajar, e. pembinaan dan pengembangan diri, f. mutasi dan drop out, g. kelulusan dan alumni. peserta didik SMAN 2 Lintau Buo lulus 100% dan melanjutkan keperguruan tinggi. Peneliti mengharuskan SMAN 2 Lintau Buo lebih meningkatkan pengelolaan manajemen peserta didik agar dapat mentingkatkan mutu pendidikan dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya.