Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | DIRA NOVISYA | |
dc.date.accessioned | 2017-10-27T09:39:46Z | |
dc.date.available | 2017-10-27T09:39:46Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2017-07-24 | |
dc.identifier.isbn | 02.21700524 | |
dc.identifier.isbn | 02.21700524 | |
dc.identifier.issn | 12 107 003 | |
dc.identifier.other | 02.21700524 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.description.abstract | Masalah yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal fisika khususnya materi gerak parabola. Banyak terdapat kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal gerak parabola. Secara umum kesalahan terjadi yaitu memahami soal, penggunaan rumus dan prosedur matematika. Dalam penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa menyelesaikan soal fisika ada lima kategori yang perlu diperhatikan yaitu (1) mendeskrisikan soal, (2) pendekatan fisika, (3) aplikasi khusus fisika, (4) prosedur matematika dan (5) kesesuaian jawaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal fisika di SMAN 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1, IPA 2 dan IPA 3 di SMAN 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 97 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dan didapatkan satu lokal menjadi sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata penguasaan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal gerak parabola kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman secara umum berada dalam kategori kurang memuaskan. Hal ini dilihat pada indikator mendeskripsikan soal diperoleh persentase sebesar 31,03%, pendekatan fisika sebesar 40,68%, aplikasi khusus fisika sebesar 33,1%, prosedur matematika sebesar 31,93% dan kesesuaian jawaban sebesar 27,81%. Kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal adalah kesesuaian jawaban. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.title | ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL-SOAL FISIKA PADA MATERI GERAK PARABOLA KELAS XI IPA DI SMAN 1 SUNGAI GERINGGING KABUPATEN PADANG PARIAMAN” | |
dc.type | Skripsi |