Abstract:
Cara belajar siswa pada pembelajaran fisika belum efektif. Pada saat proses pembelajaran berlangsung masih terdapat siswa yang kurang memperhatikan, hanya sebagian siswa yang mencatat materi fisika, selanjutnya apabila disuruh mengulang pelajaran hanya sebagian kecil yang bisa melakukan hal tersebut, ditambah lagi hanya beberapa siswa yang memilki buku paket sendiri. Namun, hasil belajar fisika yang diperoleh siswa berada pada kategori tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi positif yang signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Batusangkar.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian korelasional bersifat deskriptif kuantitatif yaitu menafsirkan atau memecahkan masalah penelitian dengan menggunakan pendekatan statistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekspost facto, yaitu penelitian yang dilakukan apabila perlakuan atau manipulasi variabel tertentu telah terjadi sebelumnya, sehingga tidak perlu diberikan perlakuan lagi pada variabel tersebut. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Batusangkar, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 6 yang berjumlah 26 orang yang dipilih menggunakan random sampling.
Untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan beberapa instrument penelitian yaitu: angket, yaitu berupa pernyataan yang berkaitan dengan cara belajar. Dan data hasil belajar fisika dari dokumentasi yang diperoleh dari guru yaitu hasil ulangan harian siswa. Analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat dikemukakan bahwa korelasi antara variabel X dan variabel Y atau rxy sebesar 0,44 berarti termasuk korelasi positif yang sedang. Pada taraf signifikan 5% dari tabel rt di dapatkan rt = 0,388. Karena nilai r hitung > r tabel (0,44 > 0,388) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa, terdapat korelasi positif yang signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Batusangkar.