Abstract:
Keterbatasan pada modul cetak serta kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang berbasis teknologi menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam mempelajari fisika. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah Modul Elektronik fisika berbasis konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Elektronik Fisika pada materi suhu dan kalor yang valid dan praktis untuk siswa Kelas X Semester II SMA N 1 Batipuh.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research development), yang terdiri atas tiga tahap yaitu: (1) Tahap pendefinisian (define), penelitian diawali dengan wawancara dengan guru Fisika SMA, menganalisis silabus pembelajaran Fisika Kelas X SMA Semester II, menganalisis bahan ajar dan buku teks Fisika di kelas X SMA dan mereviu literatur tentang Modul Elektronik. (2) Tahap perancangan (design), (3) Tahap pengembangan (develop). Uji kelayakan modul elektronik dilakukan melalui tahap validasi dan praktikalisasi. Untuk tahap validasi dilakukan oleh 3 orang validator yaitu 2 orang dosen, dan 1 orang guru fisika, sedangkan untuk tahap praktikalisasi dilakukan di SMA N 1 Batipuh yang melibatkan 36 siswa. Teknik pengumpulan data analisis validasi, lembar obsevasi, dan lembar angket respon.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) Dalam penelitian ini telah dirancang modul elektronik fisika pada materi suhu dan kalor berbasis konstruktivisme. (2) Hasil validasi terhadap modul elektronik fisika berbasis konstruktivisme yang dikembangkan adalah sangat valid dengan persentase 89,08%. (3) Hasil observasi yang dilakukan terhadap guru menunjukkan bahwa telah memenuhi kriteria praktikalitas yaitu dapat dipakai dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. (4) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan mengunakan modul elektronik berbasis konstruktivisme adalah sangat praktis dengan persentase 84,1%.