Abstract:
Masalah yang ditemui di MTsN Talawi adalah Fisika merupakan pelajaran yang sulit dan tidak menarik serta sukar dipahami siswa. Bahan ajar yang digunakan berasal dari beberapa penerbit yang biasanya dibeli/diphotocopy dan pada umumnya belum sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Belum adanya ketersedian modul yang dibuat oleh guru berupa modul fisika berbasis REACT berintegrasi Qur’an pada materi suhu dan kalor. Maka dari itu peneliti mengembangkan modul fisika berbasis REACT berintegrasi Qur’an yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa sehingga meraka dapat belajar secara mandiri dan lebih menyukai pembelajaran IPA khususnya fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research development). Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi modul, lembar wawancara dan angket respon siswa . Uji validasi modul dibantu oleh 3 orang dosen dan 1 orang guru sebagai validator, setelah uji kelayakan modul, maka dilakukan penyebaran angket respon siwa yang melibatkan 23 orang siswa. Pengesian angket menggunakan skala Likert dengan range 1-4, data yang didapat kemudian dianalisis secara kuantitatif sesuai dengan kriteria validitas dan praktikalitas. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika berbasis REACT berintegrasi Qur’an pada materi suhu dan kalor kelas VII MTsN Talawi sangat valid dengan hasil validitas yang diperoleh adalah 84,24%. Kemudian modul fisika berbasis REACT berintegrasi Qur’an pada materi suhu dan kalor kelas VII MTsN Talawi sangat praktis digunakan, setelah diuji coba terbatas pada 23 orang siswa kelas VI.2 MTsN Talawi, dengan hasil sebesar 91,76%.