Abstract:
Bertitik tolak pada rendahnya nilai siswa, kurangnya ketersedian buku teks serta kelemahan pada LKS yang dijual dipasaran yang tidak sesuai dengan kebutuhan, karakteristik serta tidak memperhatikan kebutuhan siswa, maka Peneliti mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis brain base learning yang sesuai dengan kurikulum 2013. Berdasarkan identifikasi dan batasan masalah, maka rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah bagaimanakah validitas dan praktikalitas LKS elektronik berbasis brain base learning ?. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS elektronik berbasis brain base learning yang valid dan praktis untuk pembelajaran fisika.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research development). Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (development). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi (LKS dan RPP), lembar wawancara dan angket respon. Uji kelayakan dilakukan di MAN 2 Batusangkar yang dibantu oleh 3 orang dosen dan 1 orang guru sebagai validator, serta melibatkan 27 orang siswa. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif melalui analisis validitas produk, analisis kepraktisan serta wawancara.
Hasil uji kevalidan memperoleh persentase nilai rata-rata validasi LKS adalah 89 %, RPP adalah 86,8 %, pedoman wawancara adalah 83,3 % dan angket respon siswa 81,9 %, ini berarti berkategori sangat valid. Selanjutnya, hasil uji kepraktisan pelaksanaan pembelajaran dengan LKS elektronik berbasis brain base learning melalui wawancara dengan guru (observer) mata pelajaran fisika di MAN 2 Batusangkar dapat disimpulkan bahwa e-LKS yang dikembangkan sudah sangat bagus. Pemberian angket respon praktikalisasi LKS pada siswa memperoleh persentase nilai rata-rata 89,4 %, dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah LKS elektronik berbasis brain base learning pada materi alat optik pada kelas X MAN 2 Batusangkar yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.