Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh konseling kelompok terhadap peningkatan self regulated learning di MAN 2 Batusangkar”. Berdasarkan masalah pokok tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap peningkatan self regulated learning siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan tipe one group pretest-posttest design yaitu dengan mengukur self regulated learning kelompok eksperimen dengan menggunakan instrument yang sama pada pengukuran pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen non-tes dalam bentuk skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIS 4 di MAN 2 Batusangkar. Sampel penelitian memakai teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan, yakni kategori self regulated learning sangat rendah, rendah dan sedang.
Berdasarkan pada tabel hasil analisis data deskriptif diketahui bahwa adanya peningkatan skor self regulated learning setelah diberikan layanan konseling kelompok. Hal ini dilihat dari perbandingan rerata hasil skor pretest dan posttest. Hasil perhitungan uji-t menyatakan bahwa t_o>t_t dengan demikian hipotesis kerja diterima.