Abstract:
Masalah penelitian ini adalah rendahnya gaya belajar siswa khususnya gaya belajar auditorial. Salah satu yang dapat mengembangkan gaya belajar auditorial siswa adalah layanan bimbingan kelompok. Untuk menyelesaikan persoalan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pengembangan gaya belajar auditorial di SMAN 2 Sungai Tarab.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah kelas X di SMAN 2 Sungai Tarab. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X yang memiliki gaya belajar auditorial yang rendah sebanyak 10 orang yang dikelompokkan sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hipotesis penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pengembangan gaya belajar auditorial”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap gaya belajar auditorial siswa. Hasil penelitian dengan uji statistic diperoleh thitung > ttabel yang artinya ha diterima dengan taraf signifikansi 1 % yaitunya 3,25 < 17,44. Hal ini juga dibuktikan dengan skor hasil postest yang meningkat dibandingkan dengan skor pretest. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pengembangan gaya belajar auditorial di SMAN 2 Sungai Tarab.