Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah gambaran penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar dan prestasi belajar, gambaran penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar dan prestasi belajar dan implikasi program bimbingan konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar di perguruan tinggi, menggambarkan prestasi belajar mahasiswa di perguruan tinggi dan mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri mahasiswa semester III FTIK dalam belajar dengan prestasi belajar di IAIN Batusangkar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X (Penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar) terhadap variabel Y (Prestasi Belajat). Hipotesis (H0) penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan anatara penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar dengan prestasi beajar dan Hipotesis (H1) terdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar dengan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III FTIK IAIN Batusangkar. Sampel penelitian yaitu 40 orang mahasiswa semester III FTIK, yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling insidental. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala likert.
Hasil dari penelitian ini adalah tingkat pencapaian penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar mahasiswa berada pada klasifikasi cukup mampu. Tingkat pencapaian prestasi belajar mahasiswa pada klasifikasi memuaskan, artinya sebagian besar dari jumlah sampel yang menjadi penelitian sudah mampu mencapai indeks prestasi rata-rata. Diperoleh rxy = 0,882 pada db = 38 dengan demikian ro (0,882) > rt (0,304) pada taraf signifikan 5%. Ho ditolak, Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar dan prestasi belajar mahasiswa. Semakin tinggi penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar semakin tinggi pula prestasi belajarnya, demikian sebaliknya. Peranan UPBK sebagai unsur penunjang dalam membantu mengatasi masalah penyesuaian diri sangat dibutuhkan.
Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Prestasi Belajar.