Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh layanan penguasaan konten terhadap pemahaman siswa tentang keterampilan mencatat pelajaran di SMP Negeri 2 Rambatan. Hasil penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan uji statistik (uji t).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis desain yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one group pretest-posttest design yaitu mengukur pemahaman siswa tentang keterampilan mencatat pelajaran kelompok eksperimen dengan menggunakan instrumen yang sama pada pengukuran pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dalam bentuk tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Rambatan yang memiliki pemahaman tentang keterampilan mencatat yaitu berjumlah 110 orang siswa, sedangkan yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas VIII.3 yang berjumlah 25 orang siswa. Berdasarkan populasi di atas maka penulis mengambil sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan, yakni rekomendasi dari wali kelas dan kategori keterampilan siswa tentang mencatat yang tergolong rendah.
Berdasarkan pada tabel hasil analisis data diketahui bahwa layanan penguasaan konten berpengaruh signifikan terhadap pemahaman siswa tentang keterampilan mencatat pelajaran setelah dilaksanakan layanan penguasaan konten. Hasil penelitian menunjukan bahwa to (t hitung) lebih besar dari tt (t tabel) pada taraf signifikansi 1%. Hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima.