Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tentang adakah pengaruh pendekatan Cognitive Behavior Therapy terhadap peningkatkan akhlak siswa kepada guru di SMKN 1Tanjung Baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendekatan Cognitive Behavior Therapy sebagai salah satu pendekatan layanan bimbingan dan konseling yang diharapkan efektif dalam peningkatkan akhlak siswa kepada guru yang kurang baik.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu desain Pre-Exsperimental design, tipe one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 1Tanjung Baru Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X.TKJ.1, penentuan sampel ini diambil dari hasil pengolahan skala akhlak siswa. Hipotesis penelitian ini adalah “terdapat pengaruh pendekatan CBT dalam peningkatkan akhlak siswa kepada guru”
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CBT berpengaruh dalam meningkatkan akhlak siswa kepada guru, hal ini dibuktikan dengan skor hasil postest yang meningkat dibandingkan dengan skor pretest. Adapun cara pengukurannya dengan membandingkan besarnya t hitung dan besarnya t tabel pada taraf signifikasi 5% dengan df 11 maka dapat diketahui bahwa t_(o )lebih besar dari pada t tabel. Dengan demikian, maka hipotesis alternatif (H_a) diterima yaitu pendekatan CBT berpengaruh dalam peningkatkan akhlak siswa kepada guru dan (H_0) ditolak. Ini berarti bahwa pendekatan CBT dapat meningkatkan akhlak siswa kepada guru di SMKN 1Tanjung Baru.