Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh layanan informasi terhadap pemahaman siswa kelas X6 tentang dampak bullying di SMA Negeri 1 Rambatan. Berdasarkan masalah pokok tersebut maka Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah layanan informasi berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang dampak bullying.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis desain yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one group pretest-posttest design yaitu mengukur pemahaman siswa tentang dampak bullying kelompok eksperimen dengan menggunakan instrumen yang sama pada pengukuran pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dalam bentuk tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas di SMA Negeri 1 Rambatan yang berjumlah 23 rombongan belajar siswa, sedangkan yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas X6 yang berjumlah 24 orang siswa. Berdasarkan populasi di atas maka penulis mengambil sampel menggunakan teknik Claster sampling, yaitu pengambilan sampel dimana tiap tiap unit dikumpulkan sebagai satu kumpulan atau cluster.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan layanan informasi terhadap pemahaman siswa kelas X 6 tentang dampak bullying di SMA Negeri 1 Rambatan dengan nilai “t0” = 16,29 dan tt pada taraf signifikan 5% dengan df atau db 23 = 2,0