Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya etika komunikasi siswa di SMAN 2 Rambatan. Salah satu teknik yang dapat meningkatkan etika komunikasi adalah konseling analisis transaksional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konseling analisis transaksional setting kelompok berpengaruh terhadap etika komunikasi siswa.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Rambatan kelas X3 dan sampel sebanyak 13 orang. Instrument yang digunakan skala etika komunikasi. Analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan, (1) Skor etika komunikasi sebelum treatmen (hasil pretest) jumlah skor 1045 dengan rata-rata 80,38. Selanjutnya setelah diberikan treatmen (hasil posttest) jumlah skor meningkat menjadi 1648 dan rata-rata 126,7, (2) konseling analisis transaksional setting kelompok berpengaruh terhadap peningkatan etika komunikasi siswa kelas X3 di SMAN 2 Rambatan dengan taraf signifikansi 1% dengan harga thitung 7,80 dan ttabel 3,06 (7,80 > 3,06)