Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan keterampilan bertanya dalam bimbingan kelompok kelas VIII di SMPN I Simpang Alahanmati. Tujuan pdari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar peningkatan keterampilan bertanya siswa dalam bimbingan kelompok siswa SMPN 1 Simpang Alahanmati.
Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan model penelitian berupa one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terindentifikasi keterampilan bertanya. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang teridentifikasi keterampilan bertanya sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan dinamika kelompok. Kelompok eksperimen ditentukan melalui teknik simple random sampling. Hipotesis penelitian ini adalah “bimbingan kelompok berpengaruh signifikan untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa”.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh bahwa skor hasil posttest kelompok eksperimen menurun dibandingkan hasil pretest, hal ini juga dapat dilihat pada hasil thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel). Hipotesis alternatif (H_1) diterima, hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh signifikan untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada taraf signifikansi 1%.