Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku agresif siswa di MAS TI Pariangan. Bentuk bentuk perilaku agresif ada empat yaitu, agresif menyerang fisik, agresif menyerang verbal, agresif menyerang benda dan agresif menyerang daerah atau hak milik orang lain,. Perilaku agresif yang akan penulis teliti adalah perilaku agresif fisik, verbal, menyerang benda dan menyerang hak milik orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah perilaku agresif siswa menurun melalui layanan bimbingan kelompok.
Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan model penelitian berupa one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hipotesis penelitian ini adalah “Bimbingan kelompok berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku agresif siswa”.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh bahwa skor hasil Posttest kelompok eksperimen meningkat dibandingkan hasil Pretest. Jadi, hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dari itu terdapat penurunan perilaku agresif melalui layanan bimbingan kelompok dengan nilai t0< tt, yaitu 12,33 <3,25