Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya konsep diri siswa kelas X di SMAN 1 Pariangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan informasi dapat meningkatkan konsep diri siswa kelas X di SMAN 1 Pariangan.
Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental design dengan tipe one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 230 orang siswa, sedangkan yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas X-5 yang berjumlah 25 orang siswa. Berdasarkan populasi di atas maka peneliti mengambil sampel menggunakan teknik cluster sampling, yaitu teknik yang menghendaki atas kelompok-kelompok yang ada pada populasi. Hipotesis nihil (H0) penelitian ini adalah layanan informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan konsep diri siswa dan Hipotesis alternatif (Ha) layanan informasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan konsep diri siswa.
Hasil penelitian adalah hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Hal ini dapat dilihat dari besarnya “t” yang diperoleh (t0=10,67) dan besarnya “t” yang tercantum pada “tt” pada taraf signifikansi 1% yaitu 2,80. Ini berarti bahwa layanan informasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan konsep diri siswa di SMAN 1 Pariangan.