Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa tentang dampak pacaran di SMPN 1 Sungai Tarab. Penulis akan melihat bagaimana pemahaman siswa tentang dampak pacaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat peningkatan pemahaman siswa terhadap dampak pacaran di SMPN 1 Sungai Tarab melalui layanan informasi.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan true eksperimen dengan model randomized control group pretest-postest design yang bertujuan untuk melihat dampak pacaran sebelum diberikan layanan informasi. Sampel penelitian penulis yaitu 20 orang siswa kelas VIII SMPN 1 Sungai Tarab. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan skala Guttman yang dianalisis dengan menggunakan SPSS-18.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap dampak pacaran kelas VIII SMPN 1 Sungai Tarab sebelum diberikan layanan berada pada kategori tidak paham. Setelah diberikan layanan informasi ternyata terjadi peningkatan yaitu kelompok yang diberikan treatment menjadi paham terhadap dampak pacaran. Peningkatan dari hasil pretest kepada posttest tersebut melalui skala yang disebarkan. Berdasarkanhasil penelitian pengaruh layanan informasi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap dampak pacaran dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman siswa dalam memahami dampak pacaranmeningkat secara signifikan setelah melakukan treatment layanan informasi.