Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruhlayanan penguasaan konten terhadap keterampilan bertanya siswa di SMPN 04 Koto Baru. Berdasarkan masalah pokok tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah pengaruh layanan penguasaan konten terhadap keterampilan bertanya siswa secara signifikan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X (Layanan Penguasaan Konten) terhadap variabel Y (Keterampilan bertanya siswa). H0: layanan penguasaan konten tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan bertanya siswa. Ha: layanan penguasaan konten berpengaruh signifikan terhadap keterampilan bertanya siswa..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten berpengaruh signifikan terhadap keterampilan bertanya siswa. Hal ini dapat dilihat dari uji t didapatkan nilai thitungyang diperoleh lebih besar dari ttabel. Kesimpulan bahwa layanan penguasaan konten berpengaruh signifikan terhadap keterampilan bertanya siswa kelas VII C di SMPN 04 Koto Baru Dharmasraya