Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses berfikir kreatif guru BK dalam memunculkan minat siswa mengikuti layanan BKp di SMA 1 Sungayang yang mencakup 4 tahap proses berfikir, di antara tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi dan tahap verifikasi.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengungkapkan fenomena dengan cara mengumpulkan data di lapangan sesuai dengan apa adanya dan menghasilkan data berupa kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan data yaitu secara wawancara dan dokumentasi, dimana yang menjadi sumber data primer adalah guru BK yang berjumlah 2 orang dan siswanya yang berjumlah 2 orang, selanjutnya sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi yang peneliti kumpulkan di lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang proses berfikir kreatif guru BK dalam memunculkan minat siswa mengikuti layanan BKp di SMA 1 Sungayang, hal tersebut tidak terlepas dari bagaimana upaya guru BK di sekolah tersebut dalam melakukan hal-hal yang kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan layanan BKp. Proses berfikir kreatifnya dapat dilihat segi persiapannya, hal ini mencakup bagaimana ia menghimpun data mengenai layanan BKp sebelumnya dan mengevaluasinya, serta membuat rancangan yang sesuai dengan pelaksanaan layanan BKp baik materi ataupun topik yang akan dibahas, sehingga untuk pelaksanaan layanan BKp selanjutnya akan menjadi lebih baik lagi. Kemudian pada tahap inkubasi ini guru BK dapat melakukan layanan BKp dengan berbagai inovasi, yang dapat dilihat dari materi/topik yang diberikan, waktu serta tempat pelaksanaannya serta memiliki kompetensi dan wawasan yang luas. Setelah itu dilakukan verifikasi untuk memastikan layanan BKp yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan siswa dan mencapai hasil maksimal sesuai dengan yang diharapkan.