Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah “bagaimana pengaruh permainan (games) dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan komunikasi siswa di SMP N 3 Padang Panjang.”Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan (games) dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan komunikasi siswa di SMP N 3 Padang Panjang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Eksperimen menggunakan kelompok pre-eksperimental dengan rancangan One Group Pretest Posttest Desain. Sampel penelitian yaitu kelas VIII SMP N 3 Padang Panjang dengan menggunakan teknik sampel cluster sampling. Hipotesis penelitian ini adalah pengaruh permainan (games) dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan komunikasi siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, dengan menggunakan skala model likert.
Hasil penelitian diperoleh bahwa permainan (games) dalam bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan komunikasi siswa yang rendah. Hasil penelitian membuktikan dengan uji statistic diperoleh pada taraf signifikan 1 % dengan hasil (10,63 > 2,95). Hal ini juga dibuktikan dengan skor hasil postest yang meningkat dibandingkan dengan skor pretest. Oleh karena itu, maka hipotesis alternatif ( ) diterima. Ini berarti bahwa pengaruh permainan (Games) dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan komunikasi siswa di SMPN 3 Padang Panjang.