Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang memiliki kepribadian yang belum sehat. Kepribadian yang sehat dalam penelitian ini adalah kepribadian yang dilihat dari aspek kematangan intelektual, kematangan emosional, kematangan sosial dan tanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkat kepribadian yang sehat melalui layanan penguasaan konten.
Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan model penelitian berupa one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hipotesis Ha; kepribadian yang sehat meningkat secara signifikan melalui layanan penguasaan konten. Ho; kepribadian yang sehat tidak meningkat secara signifikan melalui layanan penguasaan konten.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh bahwa skor hasil Posttest kelompok eksperimen meningkat dibandingkan hasil Pretest. Jadi, hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dari itu terdapat peningkatan kepribadian yang sehat melalui layanan penguasaan konten dengan nilai t0> tt, yaitu 10,15 >2,83 pada taraf signifikan 1%.