Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana minat belajar siswa setelah mengikuti layanan penempatan dan penyaluran pada kelas X di MAN Gunung Padang Panjang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa setelah mengikuti layanan penempatan dan penyaluran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field recearch) dengan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan tentang bagaimana kondisi Minat Belajar Siswa tersebut tinggi,sedang, dan rendah dengan menggunakan angka-angka. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket tertutup dengan skala likert. Skala Likert memiliki dua bentuk pernyataan, yaitu positif dan negatif. Pernyataan positif diberi skor 5,4,3,2, dan 1, sedangkan bentuk pernyataan negatif diberi skor 1,2,3,4, dan 5. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa kebanyakan dari siswa yang memiliki minat belajar tinggi layanan penempatan dan penyalurannya sesuai, tetapi masih ada sebagian dari siswa tersebut yang minat belajarnya sedang, dan tidak ada minat belajar siswa yang rendah