Abstract:
CITRA YOHANA, Reg. No. 13 104 008, Judul skripsi: “The Correlation Between Students’ Reading Comprehension and their Vocabulary Knowledge (A Study of the Fifth Semester Students of English Teaching Department of IAIN Batusangkar Registered in 2017/2018 Academic Year)”, Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) batusangkar. Vocabulary knowledge merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi reading comprehension, maka peneliti ingin meneliti hubungan antara kemampuan vocabulary knowledge mahasiswa dengan reading comprehension mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan vocabulary knowledge mahasiswa semester kelima Jurusan Bahasa Inggris IAIN Batusangkar tahun akademik 2017/2018 dengan reading comprehension mereka. Jenis penelitian ini adalah correlational research. Populasi penelitian ini adalah 75 orang mahasiswa semester kelima IAIN Batusangkar tahun akademik 2017/2018 yang mengambil mata kuliah reading comprehension V. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan Total Sampling sebanyak 56 orang. Instrumen berupa tes tentang vocabulary knowledge dan reading comprehension. Tes vocabulary knowledge dibagi menjadi dua; vocabulary breadth test (Nation, 2001) dan vocabulary depth test (Read, 1998). Untuk tes vocabulary knowledge sudah memenuhi standar karena sudah di lakukan oleh beberapa ahli dalam menguji vocabulary knowledge. Untuk vocabulary knowledge ada 45 item yang diujikan, 20 item untuk tes breadth vocabulary knowledge dan 25 item untuk tes depth vocabulary knowledge. Sedangkan untuk tes reading comprehension (Public English Test System (PETS II) dan Petearson’s Master TOEFL (2000). Untuk tes reading comprehension sudah memiliki standar karena diambil dari (Public English Test System (PETS II) dan Petearson’s Master TOEFL (2000), dan peneliti juga sudah meminta persetujuan kepada dosen Reading Comprehension V. Untuk tes reading comprehension ada dua test yang di ujikan. Pertama, mengenai pilihan ganda dan kedua mengenai ringkasan (summary). Untuk reading comprehension ada 15 item untuk pilihan ganda dan 2 item untuk membuat ringkasan (summary). Jadi jumlah item yang digunakan adalah sebanyak 62 item. Data dari instrumen tersebut diolah dengan menggunakan SPSS versi 16, dimana untuk melihat korelasi dari kedua variabel, peneliti menggunakan analisis Product Moment. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa terdapat korelasi yang sangat rendah antara vocabulary knowledge dan reading comprehension mahasiswa dalam kelas reading comprehension V. Hasil analisis data menunjukkan bahwa r-hitung (0,012) lebih kecil dari r-table (0,263) dengan tingkat signifikan 5% pada derajat bebas (df) 54. Ini juga menunjukkan bahwa vocabulary knowledge mahasiswa berkorelasi sangat rendah dengan kemampuan reading comprehension mereka pada tingkat signifikan 5%.